Rabu, 03 Oktober 2012

KOffice



 

KOffice adalah paket aplikasi office untuk K Desktop Environment (KDE). Semua komponennya dirilis dengan lisensi open source. Versi terbaru KOffice adalah 2.3.1, yang dirilis 2011

Komponen aplikasi
KOffice menyertakan komponen-komponen berikut ini:
  • KWord. Aplikasi pengolah kata, bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE. Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapkan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord, dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara keduanya. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.
  • KSpread. Aplikasi spreadsheet yang merupakan bagian dari KOffice, paket office terintegrasi untuk desktop KDE. Beberapa fitur KSpread antara lain: beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, beragam kemungkinan pemformatan, dukungan untuk lebih dari 100 fungsi, template, diagram, pemeriksa ejaan, hyperlink dan pengurutan data.
    Format dokument KSpread adalah XML, dikompresi dengan zip. Namun demikian, KSpread mempunyai kemampuan mengimpor spreadsheet dari format lain, termasuk Microsoft Excel, Applix Spreadsheet, Quattro Pro, CSV dan OpenOffice.org Calc.
  • KPresenter. Program presentasi yang merupakan bagian dari KOffice, paket aplikasi office terintegrasi untuk desktop KDE.
    Format nativ KPresenter adalah XML, dikompresi dengan zip. KPresenter juga dapat mengimpor presentasi dari Microsoft PowerPoint, Magicpoint dan OpenOffice.org Impress.
  • Kivio. Program pembuat diagram alir ataupun blok diagram sejenis. Program ini fungsinya sama dengan Microsoft Visio pada Windows. Kelemahan program ini adalah ia tidak dapat membuka file Visio. Agar bisa dibuka di Kivio, maka file Visio harus diubah terlebih dahulu kedalam format XML.
  • Krita (sebelumnya Krayon dan KImageshop). Program manipulasi gambar bitmap.
  • Karbon14. Aplikasi untuk membuat atau menyunting gambar vektor.
  • Kugar dan KChart. Komponen untuk pembuatan chart dan report.
  • KFormula. Penyunting rumus atau formula matematik.
  • Kexi. Lingkungan terpadu untuk mengelola data, mencakup pembuatan skema basis data hingga menyunting dan mengolah data.
KOffice juga mengikutsertakan filter impor untuk mengenali format dokumen lain. KOffice dirilis terpisah dengan KDE dan dapat didownload dari situs webnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar